Legenda Awal Mula Candipuro Lumajang

Lingga yoni yang terletak di sebelah barat Candi Gedung Putri. Foto via WAG/Istimewa

Menakhlukan Hati Sang Putri dengan Sebuah Candi

Gentono berfikir untuk membuat sebuah candi, sendang, dan taman untuk si putri yang rajin beribadah. Putri Pandang Arang yang seorang manusia menolak karena tak ingin diperistri sesosok jin.

Marah akan penolakan dari sang putri Gentono menenggelamkan candi yang dibuatnya ke dalam tanah. Seiring berkembangnya zaman candi mulai muncul setelah terkena banjir lahar Gunung Semeru.

Candi tersebut dinamai Candi Gedung Putri ditemukan pertama kali oleh seorang pencari kayu pada tahun 1897. Berdasarkan adanya candi tersebut maka dinamailah Desa Candipuro.

Candipuro berasal dari dua kata yaitu Candidan Puro.Candi yang berarti tempat tinggal raja zaman dahulu yang terbuat dari batu dan puro yang berarti negara.

Selain itu, juga ada yang mengartikan Puro sebagai gapuroatau pintu masuk. Dari dua penafsiran kata tersebut timbulah dua arti berbeda untuk kata Candipuro.

Candipuro yang bisa berarti bangunan kuno milik raja yang terbuat dari batu atau Candipuro yang bisa diartikan sebagai pintu gerbang peradaban Kabupaten Lumajang yang lebih baik.

Dibalik penamaan Desa Candipuro ada kisah menarik yang diyakini terjadi di masa lalu. Tak hanya sebuah nama, tersemat juga sebuah doa baik untuk wilayah tersebut.