Lumajang Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Wisata Kali Sejuk

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 di Wisata Kali Sejuk. Foto via @visitlumajang

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environmental Day diperingati setiap 5 Juni setiap tahunnya. Di berbagai negara, peringatan ini dirayakan dengan ide dan tema yang terus berganti.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah salah satu acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya alam dan penghijauan.

Gagasan utama di balik perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah untuk menyoroti pentingnya lingkungan dan mengingatkan orang-orang bahwa alam tidak boleh dianggap remeh.

Di tahun 2021 ini, hari Lingkungan Hidup Sedunia mengambil tema Restorasi Ekosistem. Sama halnya dengan daerah-daerah lain, Kabupaten Lumajang juga memperingatinya.

Puncak peringatan tahun ini digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang di Wisata Kali Sejuk, Desa Purwosono, Kabupaten Lumajang, Selasa 8 Juni 2021.

Bekerjasama dengan Pemdes Purwosono, kegiatan ini juga dihadiri jajaran Forkopimda Lumajang, sejumlah OPD, Forkopimca Sumbersuko, dan sejumlah pegiat lingkungan hidup.

Kegiatan diawali dengan penanaman 2.000 bibit pohon sirsak secara simbolis, dengan tujuan ke depannya Dusun Darungan Desa Purwosono berkembang menjadi dusun tematik, yakni dusun sirsak.