Pascabencana Semeru, Gerakan Bersih Lingkungan di Posko Pengungsian Balai Desa Pasirian

Bersih posko Balai Desa Pasirian. Foto via @unej_lumajang

Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif yang terekam oleh PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) sepanjang 30 tahun terakhir.

Penghujung tahun 2021, tepatnya Sabtu 4 Desember sekitar pukul 15.00 WIB, gunung Semeru mengeluarkan awan panas yang mengarah ke Dusun Curahkobokan, Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

Kondisi ini mengakibatkan daerah terdampak mengalami keadaan gelap gulita, akibat muntahan debu vulkanik yang membumbung tinggi hingga sarana dan prasarana menjadi porak poranda.

Sebagai bentuk rasa peduli dan kemanusiaan, Universitas Jember Kampus Lumajang sejak Senin 6 Desember 2021 membentuk tim delegasi relawan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Ini dilakukan agar bisa meringankan beban masyarakat Lumajang yang terdampak awan panas guguran (APG) gunung Semeru.

Jumat 10 Desember 2021 lalu, tim KeRis Agroners UNEJ Kampus Lumajang hadir di Posko Balai Desa Pasirian dalam rangka manajemen posko dan bencana alam.

Ini dilakukan sebagai strategi informasi, komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan Koramil 0821/08, BPBD Lumajang, Kecamatan Pasirian dan Puskesmas Pasirian.