Peringatan Sumpah Pemuda, Pemuda Pancasila Lumajang Bersihkan Monumen dan Bagi-Bagi Masker

Peringatan Hari Sumpah Pemuda oleh Pemuda Pancasila Lumajang. Foto via @visitlumajang

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tiap tanggal 28 Oktober dimanfaatkan Pemuda Pancasila Lumajang untuk menggelar rangkaian aksi sosial.

Sejak pagi hari ini, puluhan kader Pemuda Pancasila Lumajang membersihkan sejumlah Monumen/Tugu Pancasila untuk mengingatkan kembali Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

"Di tahun 2020 ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelorakan semangat Bersatu dan Bangkit sebagai tagline Hari Sumpah Pemuda ke-92," ungkap Agus Setiawan, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang.

"Berbekal semangat tersebut, kita harus tetap satu, semangat persatuan harus kita pelihara dengan baik. Tanpa persatuan, kita tidak akan bisa, makanya harus bersatu lalu kita bangkit," lanjutnya.

Di tanggal yang sama, Pemuda Pancasila juga memperingati hari kelahirannya. Di mana tanggal 28 Oktober 2020 ini Pemuda Pancasila genap berusia 61 tahun.

Agus Setiawan menegaskan tak ingin menjadikan Pancasila hanya sebatas simbol. Menurutnya Pancasila-lah yang mampu menyatukan segala golongan yang ada di Indonesia.

MPC Pemuda Pancasila membersihkan Tugu Pancasila yang berada di perempatan Adipura Lumajang. Kegiatan serupa juga digelar di Dawuhan Lor, Jatiroto, Kedungjajang, Tempeh, Yosowilangun, Sumbersuko, dan Kunir.