Rame-Rame Berebut Ikan di Festival Nggogoh Iwak Destinasi Sungai Impian

Festival Nggogoh Iwak di kawasan Destinasi Sungai Impian (DSI) Jogoyudan. Foto via WAG/Istimewa

Siapa sih yang nggak seneng melihat lingkungan bersih? Apalagi bagi kita yang tinggal di bantaran kali di kawasan perkotaan. Tentu bukan hal mudah untuk menciptakan aliran sungai yang bersih.

Salah satu lingkungan di tengah kota Lumajang yang berhasil mengajak warganya untuk peduli kepada lingkungan utamanya kebersihan sungai adalah RW 03 Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan Lumajang.

Aliran kali kecil di kawasan ini sangat bersih, selain dimanfaatkan untuk pembesaran ikan, sepanjang bantaran juga cantik berhias bunga dan mural di beberapa temboknya.

Destinasi Sungai Impian (DSI), nama kawasan di Kelurahan Jogoyudan ini menjadi salah satu bukti keberhasilan gotong royong warga untuk bersama menjaga dan merawat lingkungannya.

Guna memberikan edukasi pada warganya, RW 03 Jogoyudan menggelar Festival Nggogoh Iwak, Minggu 12 September 2021 lalu.

"Kegiatan ini digelar untuk melestarikan tradisi lama dalam mencari ikan dengan menggunakan tangan," ungkap Djohari Irianto dari Kelompok Pemberdayaan Kali (KPK) Destinasi Sungai Impian.

Kegiatan ini juga dilatarbelakangi keprihatinan atas penangkapan ikan secara ilegal menggunakan listrik atau obat keras yang lazim masih terjadi di beberapa tempat.