Rame-Rame Berebut Ikan di Festival Nggogoh Iwak Destinasi Sungai Impian

Ibu-ibu saat berebut ikan di Festival Nggogoh Iwak. Foto via WAG/Istimewa

Edukasi Cinta Lingkungan di Festival Nggogoh Iwak

"Padahal, aktivitas tersebut sudah dilarang. Selain ekosistem air rusak, lingkungan juga tercemar. Kami mengingatkan warga agar tidak melakukan hal itu dan bersama menjaga sungai," imbuhnya.

Festival Nggogoh Iwak sendiri menjadi ajang panen raya pembesaran ikan di Destinasi Sungai Impian, sekaligus sosialisasi Pemilihan Ketua RW 03, Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan Lumajang.

Kegiatan ini sendiri awalnya sudah akan digelar beberapa bulan lalu, namun karena masih masa PPKM, kegiatan ini baru terlaksana setelah turun level pembatasan.

Peserta yang berebut ikan di festival ini berasal dari warga RW 03 Jogoyudan, dari perwakilan RT 01 - RT 08, dibatasi untuk 100 peserta yang dibagi menjadi 2 kloter.

Warga setempat terutama ibu-ibu bersemangat mengikuti kegiatan ini. Selain mengusir kejenuhan selama masa PPKM, ikan yang mereka tangkap bisa langsung dibawa pulang untuk dimasak sebagai lauk.

Selain ikan yang bisa diambil oleh peserta, panitia juga menyediakan hadiah-hadiah berupa 30 sak beras, 30 jilbab dan hadiah hiburan lain sumbangan dari para sponsor.

"Termasuk 3 kwintal ikan bantuan dari H. Charles Meikyansah, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Lumajang yang juga Anggota DPR RI," tandasnya.