Ritual Adat Yadnya Kasada akan digelar pada 15 s/d 16 Juni 2022, Untuk Sementara Bromo di Tutup

Ritual Adat Yadnya Kasada upacara Masyarakat Hindu Tengger di kawasan Gunung Bromo. Foto via jelajahnesia.com

Prosesi Ritual Adat Yadnya Kasada

Ritual Adat Yadnya Kasada dilaksanakan dengan iringan musik tradisional  Suku Tengger mengiringi prosesi ritual dari Pura Luhur Poten Bromo.

Pada perayaan ini tiap desa di empat wilayah disekitar bromo mempersiapkan ongkek dari hasil bumi mereka. Warga Tengger membawa ongkek berisi sesaji pada pukul 00.00 menuju Pura Luhur Poten Bromo.

Lalu berlanjut prosesi pembacaan mantera oleh sang dukun dan melakukan doa bersama. Kemudian tepat pada pukul 03.00 pagi, ongkek beserta hasil bumi dibawa menuju ke Kawah Gunung Bromo untuk dilarungkan.

Ritual Adat Yadnya Kasada dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat tengger dan agar dijauhkan dari malapetaka.

Untuk tahun ini, Ritual Adat Yadnya Kasada akan dilaksanakan pada 15-16 Juni 2022 di Kawasan Bromo Tengger Semeru dan dihadiri oleh seluruh Masyarakat Hindu Tengger.

Berdasarkan Pengumuman Nomor PG.357 /T.8 /BIDTEK /BIDTEK. 1 /KSA /6 /2022, penutupan Kawasan Bromo selama 15-16 Juni 2022 demi kelancaran dan kekhusyukan ritual dirilis dari Instagram @pariwisata_lumajang.

Penutupan dilakukan di 4 titik masuk yaitu, Desa Ngadisari, Kec. Sukapura, Probolinggo; Desa Wonokitri, Kec. Tosari, Pasuruan; serta wilayah Malang dan Lumajang pintu masuk Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kab. Malang.