Sulin Mujiarto Pengusaha Lumajang, Hidup Selalu Belajar (Bagian 3)

Depo air franchise yang dibuka di Kabupaten Jember. Foto: Dokumen pribadi Sulin Mujiarto

Alhamdulillah, Makin Lancar

Penjualan depo semakin hari semakin membaik, penjualan makin bertambah daripada sebelumnya. Tak hanya itu, rejeki lain juga data ketika anak kedua masih berusia 10 bulan istri Sulin sedang hamil anak ketiga.

Anak ketiga lahir tanpa ada persiapan nama, Sulin awalnya menamai sang buah hati dengan nama Al Fatihah. Merasa hal tersebut terlalu jarang akhirnya diganti dengan nama Al Fatah, dengan arti ‘pembuka’.

Terasa seperti pesan tersirat dari Allah swt. untuk bisa mendapat rezeki lebih baik. Setelah kelahiran anak ketiga membuat Sulin ingin mempelajari bagaimana instalasi depo air minum dibuat.

Ditekunilah seluk beluk pembuatan instalasi depo seorang diri tanpa mentor. Hasilnya Sulin memutuskan untuk mengaplikasikan apa yang dipelajarinya dengan membuka 3 cabang depo air minum.

Selain itu ia juga membuka layanan jasa untuk membantu orang yang ingin membuka depo air. Dua tahun berselang bisnis berjalan semakin lancar hingga bisa membeli sebuah truk bekas dari sanak saudara di Ngawi yang sempat Sulin kunjungi.

Meskipun kondisi truk tersebut tak begitu baik, ia tetap menggunakannya dengan baik sehingga pendapatan depo ikut bertambah karena lebih banyak memuat barang daripada kendaraan sebelumnya.

Di tahun 2018 pekerjaan pemasangan mesin untuk depo air juga makin berkembang hingga keluar Pulau Jawa seperti NTB, Kalimantan Timur, hingga Sulawesi Tenggara.