Tahukah Kamu Asal Usul Penamaan Desa Tumpeng?

Papan nama Monumen Perjuangan Polri. Foto via Blog Polsek Candipuro

Versi Kedua Asal Usul Penamaan Desa Tumpeng

Versi lain dari asal usul penamaan Desa Tumpeng berasal dari mitos tentang adanya batu tumpang. Pada zaman dahulu masyarakat percaya bahwa batu tumpang memiliki kekuatan supranatural.

Batu tersebut dihuni oleh makhluk tak kasat mata, yaitu Jaran Sembrani. Tidak ada masyarakat yang berani melewati batu tersebut.

Konon siapa saja yang melewati batu tersebut akan meninggal dunia. Tidak hanya manusia, burung yang tak sengaja melintas di atas batu akan jatuh dan mati.

Kekuatan supranatural tersebut juga berasal dari banyaknya pusaka yang tersimpan di dalam batu. Hal tersebut menarik perhatian orang sakti untuk melakukan semedi.

Tujuan dari semedi adalah untuk mengambil pusaka yang ada di dalam batu. Lambat-laun satu persatu pusaka batu tersebut menghilang.

Secara ajaib batu tersebut hancur karena tidak ada lagi kekuatan yang menyangganya. Dari sanalah nama Tumpang yang seiring berjalannya waktu menjadi Tumpeng agar lebih mudah diucapkan.

Mitos ini berasal dari penuturan Bapak H. Sumarto dan Bapak Mus Mulyadi yang ditulis ulang oleh mahasiswi Universitas Jember, Siti Kholifah sebagai karya ilmiah.