Tengger Festival Sajikan Berbagai Budaya Lokal Berlatar Ranupane

Penampilan budaya lokal pada Tengger Festival di Ampiteater Ranupane.Foto: Visit Lumajang/Def

Awal Baru Pariwisata Lumajang

Salah seorang turis bernama Phillips asal Australia mengaku sengaja datang ke Ranupane karena ingin menyaksikan Tengger Festival Secara langsung.

Phillips juga menjelaskan jika sebelumnya cukup mengenal suku tengger karena sudah beberapa kali pernah berlibur ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

"Penampilan tari tradisionalnya sangat bagus. Event seperti ini perlu rutin digelar untuk melestarikan budaya lokal Indonesia," ujar Phillips, saat diwawancarai pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang juga hadir dalam Tengger Festival ini menuturkan pihaknya akan melakukan evaluasi dengan memperhatikan sejumlah poin.

Poin tersebut meliputi durasi penampil, fasilitas pendukung bagi pengunjung dan detail lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar event yang digelar di Ampiteater jadi lebih baik.

Dengan begitu, harapannya setiap event yang diselenggarakan di Ampiteater Ranupane bisa menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Lumajang.

"Harapannya event ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sehingga ekonomi warga bisa tumbuh sekaligus keseniannya juga tetap bisa lestari," jelas bupati.