Upayakan Desa Bebas Stroke, Warga Desa Penanggal Lumajang Ikuti Pelatihan Kades Tahes

Pelatihan KADES TAHeS (Kader Desa Tanggap Pencegahan Kegawatdaruratan Stroke). Foto: Dokumentasi Keris AED NurSes

Tercapainya Peningkatan Pengetahuan Terkait Stroke

Selain itu, tim Keris AED NurSes juga melakukan sosialisasi rencana program kegiatan pelatihan KADES TAHeS serta deklarasi komitmen Bersama. Kemudian, saat tahap kedua yang diselenggarakan pada 14 Juni 2023, tim Keris AED NurSes menyampaikan materi Edukasi tentang Stroke dan Pencegahan Stroke.

Memasuki tahap ketiga pada 19 Juni 2023, tim Keris AED NurSes memberikan pelatihan screeningatau deteksi dini Stroke menggunakan aplikasiface drop detection dan mnemonic SeGeRa Ke RS, serta penyuluhan pengukuran tanda-tanda vital meliputi tensimeter, saturasi oksigen, frekuensi nadi menggunakan bantuan oksimeter.

Di tahap terkahir yang diselenggarakan pada 26 Juni 2023 tim Keris AED NurSes melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelatihan yang dilakukan sebelumnya.

Ketua Keris AED NurSes mengungkapkan, bahwa kegiatan pelatihan KADES TAHeS mendapat sambutan baik dari peserta pelatihan, sebab pengetahuan dan pemahaman para peserta terkait stroke, pencegahan stroke, dan deteksi dini stroke meningkat.

"Luar biasa, mereka memberikan respon positif dan selalu aktif di setiap penyampaian materi. Hasil pengukuran tingkat pengetahuan menunjukkan peningkatan signifikan sebelum dan sesudah pelatihan. Kami rasa mereka siap diterjunkan memberikan edukasi dan melakukan skrining dini stroke di Dusun Sumbersari Timur", jelas Ns. Arista Maisyaroh, M.Kep.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama 100 menit dalam setiap pertemuan ditutup dengan penyampaian testimoni oleh perwakilan KADES TAHeS.

“Alhamdulillah, setelah mengikuti kegiatan pelatihan wawasan kami bertambah khususnya terkait stroke. Kami siap untuk mengimplementasikan ilmu yang kami dapat untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi warga kami. Terima kasih bapak dan ibu tim Keris AED NurSes. Tetap dampingi kami terus ya bapak dan ibu”, ujar Yeni salah satu KADES TAHeS.