7 Minuman Hangat Tradisional Indonesia, Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Rempah yang bisa digunakan untuk membuat minuman. Foto: Freepik

Mana yang Jadi Favoritmu?

STMJ, yang katanya terkenal dari Malang. Nama STMJ sendiri merupakan singkatan dari bahan untuk membuat minuman tradisional satu ini yaitu susu, telur, madu dan jahe.

Beberapa resep menambahkan beberapa rempah opsional seperti kapulaga, cengkih, bubuk merica dan lainnya, semua itu tergantung selera ya. STMJ juga dikenal memiliki khasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

Wedang Ronde, khas Jawa Tengah. Sedikit berbeda dengan minuman tradisional lainnya, Wedang Ronde memiliki isian pendukung. Menu tradisional ini memiliki kuah dan isian berbentuk bulat-bulat berisi campuran gula, wijen, dan kacang tanah sangrai yang dihaluskan.

Isian bulat Wedang Ronde terbuat dari tepung beras yang biasanya diberi pewarna alami untuk mempercantik tampilan. Kemudian isian tersebut ditambahakan kuah jahe yang beraroma serai dan daun pandan. Makin nikmat ditaburi tambahan kacang tanah sangrai.

Bandrek, khas Jawa Barat. Bandrek sendiri memiliki sensasi serai yang cukup kuat. Minuman tradisional ini terbuat dari 3 bahan utama yakni gula aren, jahe, serai. Sensasi hangat dalam tubuh akan terasa begitu Visiter meminum Bandrek.

Teh Talua, minuman tradisional dari Sumatera Barat. Bahan-bahan utama untuk membuat Teh Talua ada kuning telur, teh, dan gula. Beberapa resep menambahkan jeruk nipis, dan kayu manis bubuk agar tidak terasa amis. Dari telur Visiters dapat memperoleh protein saat menikmati segelas Teh Talua.

Itu dia beberapa minuman tradisional Indonesia yang paling nikmati jika dikonsumsi hangat-hangat. Kira-kira minuman mana yang akan jadi favorit Visiters?