Cagar Budaya Selogending Senduro, Situs Berumur Ratusan Tahun Tempat Penenang Jiwa

Gambaran area situs yang naik semakin tinggi seperti bentuk gunung. Foto via @visitlumajang

Cagar Budaya dengan Tatanan Semeru Mahameru

Memiliki bentuk yang berundak ke atas, situs Selo gending memiliki tatanan yang nampak seperti gunung yang menjulang tinggi.

Dua arapala nampak jelas terlihat seperti patung penjaga pada sisi kanan dan kiri tangga jalan menuju puncak situs. Jika Visiters naik ke atas tangga pasti terlihat tumpukan batu berbentuk segitiga.

Dipuncak bangunan yang menyerupai gunung tersebut terdapat relief Dewa Shiwa. Di sebelah kanan dan kirinya ada 5 patung empu yang dulunya menyederhanakan ajaran Hindu ke Bali.

Empu juga dikenal sebagai pembuat pusaka, yang diyakini Situs Selo Gending tersimpan pusaka orang-orang Indonesia pada zaman dahulu.

Sebagai tempat persembahyangan berada di situs ini kita juga harus menjaga tingkah laku dan perkataan yang kita ucapkan. Tak hanya di sini memang sudah seharusnya kita bertingkah laku baik di mana pun dan kapan pun.

Jauh dari peradaban kota, membuat situs ini terasa tentram dan sejuk. Pohon-pohon tinggi menjulang, hamparan lumut hijau yang warnanya terlihat segar nampak seperti permadani lembut.

Untuk mengetahui suasana dan gambaran lebih nyata Visiters bisa melihat video jalan-jalan kami di Situs Selo Gending, akan ada informasi lanjutan yang lebih jelas, scroll ke bawah ya!