Dorong Perekonomian Nasional, Ini Peran Strategis Waskita Karya

Sosialisasi Peran Kemitraan UMKM & BUMN Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi. Foto: Visit Lumajang/Ratna

Peran Strategis Waskita Karya di Bidang Konstruksi

Amin sebagai narasumber menyebutkan BUMN bisa menjadi pelaksana pelayanan publik dalam pelayanan jasa, pelayanan administratif, pelayanan Barang, dan pelayanan regulatif.

"BUMN bisa menjadi pelayanan publik bagi masyarakat Indonesia, bentuknya ada bermacam-macam mulai dari pelayanan jasa, pelayanan administratif, pelayanan Barang, dan pelayanan regulatif," ujar Amin saat sosialisasi berlansung.

Contohnya adalah dari Waskita Karya adalah BUMN di bidang konstruksi yang berdiri tahun 1961 melalui proses nasionalisasi perusahaan asing yang awalnya bernama Volker Aannemings Maatschapiij N.V

Waskita Karya telah menyelesaikan beberapa proyek masjid antara lain Pengembangan Pelebaran Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta.

Selain itu, Amin juga menambahkan BUMN juga turut membantu pengembangan usaha kecil/koperasi. Melalui pendampingan dan pengembangan SDM, penyediaan bahan baku, logistik, dan pemasaran.

"Selain itu peran strategis BUMN juga dengan membantu pengembangan usaha kecil/koperasi. Bisa dengan banyak cara misal pendampingan dan pengembangan SDM, penyediaan bahan baku, logistik, dan pemasaran," ungkap Amin.

Hal tersebut bisa dilihat dari jasa yang diberikan oleh Waskita Karya pada sektor kelistrikan yang bertujuan untuk mengalirkan listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara di bagian selatan ke bagian utara Pulau Sumatera.