Kejuaraan Renang Bupati Cup Lumajang 2022, Ajang Pembuktian Atlet di Momen Harjalu 767

Bupati dan Wabup Lumajang saat penyerahan trofi Bupati Cup 2022. Foto: Visit Lumajang/Istimewa

Potensi Renang sebagai Olahraga Prestasi di Lumajang

Kejuaraan renang seperti ini sekaligus menjadi ajang Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Lumajang dalam menguji atlet renang yang sudah disiapkan untuk berlaga di kandang sendiri.

Son Wahono berharap Pemkab Lumajang bisa terus mendukung pembinaan atlet renang di Lumajang. Apalagi Lumajang sudah memiliki kolam renang yang berstandar nasional.

"Untuk kolam renang Veteran ini sendiri sudah dikalibrasi dan layak jadi ajang lomba bahkan untuk skala nasional. Kalau bisa event seperti ini bisa digelar rutin di Lumajang," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang datang saat penyerahan trofi juara, Minggu (18/12) bersama Wakil Bupati Indah Masdar berjanji akan menggelar Kejuaran Renang Bupati Cup rutin setiap tahun.

"Ya, Insyallah akan kita selenggarakan tiap tahun. Kejuaraan ini akan jadi tolok ukur pengurus PRSI baik cabang maupun provinsi untuk mengukur kemampuan dan kualitas atlet renang," kata Cak Thoriq.

Dalam setiap penyelenggaraan kejuaraan berskala provinsi seperti ini, selain ajang olahraga prestasi, juga merupakan sarana mengenalkan potensi wisata maupun kuliner yang ada di Lumajang.

Konsep Sport Tourism ini yang terus digaungkan Lumajang. Harapannya atlet beserta rombongan tak hanya singgah tapi juga menjelajahi spot destinasi wisata dan beragam kuliner di Lumajang.