KKN Pulang Kampung Mahasiswa Universitas Negeri Malang di Desa Tanggung Kecamatan Padang

Pembukaan KKN Pulang Kampung di Balai Desa Tanggung. Foto via Mahasiswa UM

Salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Bagi mahasiswa, bentuk realisasinya adalah melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

KKN diadakan rutin setiap tahun oleh pihak perguruan tinggi. Seperti kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang di Desa Tanggung, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang.

Tema yang diangkat mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) pada KKN Pulang Kampung ini adalah Dari Rumah Membuat Produk Karya Pengabdian.

Makna dari tema tersebut adalah bahwa meskipun sekarang masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun tetap berupaya untuk bisa berkontribusi dari rumah untuk kebaikan desa.

Bertempat di Balai Desa Tanggung, acara pembukaan KKN Pulang Kampung ini dihadiri oleh para anggota mahasiswa serta pilar utama desa.

Unsur tersebut antara lain RT/RW, Kepala Dusun, Staf Pemdes, Babinsa (Bintara Pembina Desa), Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dan Camat Kecamatan Padang.

Acara pembukaan KKN Pulang Kampung ini dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Suasana pada saat pembukaan memberikan kesan hangat bagi para mahasiswa dan pihak desa.