Kreatif! Pemuda Asal Lumajang Sulap Limbah Bambu Jadi Lukisan Wajah

Hasil karya seni lukisan bambu yang dipahat kemudian dipercantik dengan bingkai kaca. Foto: Visit Lumajang/Ahmad VL

Proses Pembuatan Lukisan Bambu

Kemudian, setelah sketsa wajah dibuat, Risko akan mulai memahat bambu perlahan agar terbentuk pola dan tekstur gambar wajah bisa terlihat jelas.

Proses pemahatan bambu perlu dilakukan dengan penuh konsentrasi agar karya lukisan yang dihasilkan bisa maksimal sehingga bisa memuaskan konsumen.

Setelah proses pengukiran rampung, bambu yang sudah diukir dipotong dan dibelah memanjang menjadi beberapa bagian. Lalu potongan-potongan bambu tersebut ditempel pada bingkai yang telah disiapkan.

Proses pengerjaan satu lukisan dapat memakan waktu 2 sampai 3 hari. Harga 1 lukisan bambu ini dibanderol sekitar Rp130 sampai Rp150 ribu tergantung ukuran dan tingkat kesulitan gambar.

"Cara pembuatannya saya ambil bambu kemudian saya desain wajah lanjut ke proses pengukiran setelah itu finishing. Satu lukisan pengerjaannya 2-3 hari. Harga per lukisan Rp130-150 ribu," terang Risko.

Menurut Risko, peminat kreasi lukisan bambu ini sudah menjajaki ke berbagai kota di Indonesia bahkan sampai mancanegara seperti Hongkong, Taiwan hingga Turki.

"Pemasaran dan pesanan sudah datang sampai ke seluruh Indonesia, keluar negeri juga sering, ke Turki satu kali," pungkas Risko.