Mitos Mbah Umbul dan Macan Putih, Dipercaya jadi Penghuni Gaib Hutan Bambu

Sumber mata air di Hutan Bambu Sumbermujur via @visitlumajangproject

Bicara soal wisata bukan cuma bicara keindahan alamnya aja. Ada kisah-kisah menarik, mitos atau legenda yang berkembang di beberapa tempat wisata yang ada di Lumajang.

Salah satunya adalah Hutan Bambu, destinasi wisata yang ada di Dusun Umbulsari, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Upaya yang dilakukan Desa Sumbermujur untuk mengelola tempat wisata ini membuahkan hasil. Setelah membangun kolam renang dan infrastruktur penunjang, kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung.

Jika Visiters perhatikan, di beberapa titik kamu akan menjumpai beberapa patung untuk mempercantik wisata Hutan Bambu Sumbermujur.

Beberapa di antaranya adalah patung kelelawar dan harimau. Kami menemui Safi'i, Kepala Desa Sumbemujur yang menjelaskan kepada kami apa arti/makna patung-patung tersebut.

"Kalau patung kelelawar di pintu masuk kolam itu karena Hutan Bambu memang identik dengan kelelawar-kelelawar besar, yang jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung," jelasnya.

Kelelawar-kelawar tersebut biasanya singgah di bulan Oktober sampai Desember, bulan Januari setelah beranak pinak mereka akan pindah ke tempat lain. Bentang sayapnya bisa mencapai 1 - 1,5 meter loh!