Mitos Mbah Umbul dan Macan Putih, Dipercaya jadi Penghuni Gaib Hutan Bambu

Patung harimau di Hutan Bambu Sumbermujur via @visitlumajangproject

Mitos Macan Putih, Alarm Bahaya bagi Warga Sumbemujur

Saat bicara soal patung harimau. Safi'i menghela nafas sebentar sebelum melanjutkan ceritanya. Dirinya mengaku agak merinding jika menceritakan mitos tentang macan putih di Hutan Bambu.

"Warga Sumbermujur khususnya sekitar Hutan Bambu memang percaya bahwa ada macan putih (harimau putih gaib -red.) yang hanya bisa terlihat oleh orang-orang tertentu," lanjutnya.

Safi'i menjelaskan bahwa macan putih tersebut tidak mengganggu. Dan akan menampakkan diri di saat-saat tertentu, itupun tidak semua orang bisa melihatnya.

Kepala Desa Sumbermujur ini juga mengungkapkan bahwa macan putih sering terlihat beberapa bulan lalu saat menjelang pandemi Corona di Indonesia.

"Saat itu beberapa orang cerita ke saya macan putih mulai menampakkan diri. Biasanya penampakan macan putih ini semacam isyarat akan ada bahaya atau bencana," ungkap Safi'i.

Jika macan putih sudah mulai menampakkan diri, masyarakat biasanya akan lebih waspada dan mawas diri, serta selalu memohon perlindungan kepada-Nya.

Orang-orang tua zaman dulu juga percaya bahwa ketika ada sumber air besar yang dianggap wingit (keramat), di sekitarnya akan dijaga oleh harimau, ular dan monyet.