Pemkab Lumajang Gratiskan Layanan Kesehatan untuk Petugas Pemilu yang Sakit

Kegiatan petugas Penyelenggaraan Pemilihan Umum di Lumajang. Foto: Istimewa/Visit Lumajang

Berbagai Layanan Untuk Petugas Pemilu 2024

Petugas juga diberikan akses untuk menghubungi Public Safety Center (PSC) 119 atau bisa pula melalui pesan WhatsApp ke nomor +62822-8866-0119.

"Kita sediakan pos kesehatan di puskesmas, di desa juga ada polindes, lalu ada juga PSC 119 atau kontak ambulance atau UGD Puskesmas bila ada keadaan yang darurat," jelas dr. Rosyidah.

Diharapkan dengan adanya pos kesehatan dan tim kesehatan yang siaga dapat memberikan layanan kesehatan yang baik selama Pemilu 2024.

Layanan kesehatan tersebut dapat memberikan pertolongan pertama pada warga maupun petugas Pemilu yang mengalami gangguan kesehatan.

Guna menghindari risiko gangguan kesehatan selama pelaksanaan pemilihan umum nanti, dr. Rosyidah memberikan sejumlah tips kepada petugas KPPS.

Petugas disarankan untuk melakukan peregangan, menggunakan masker jika mengalami flu atau batuk, menjaga etika batuk dan bersin, serta menjaga kebersihan lingkungan.

"Pada saat nanti di lokasi pastilah stresnya hebat, lalu kondisi fisik juga ekstra maka mereka harus menjaga stamina, kalau bisa di sela kegiatan ada stretching atau peregangan setiap 2 jam sekali, 3-5 menit. Harapan kami di lokasi tidak merokok, kalau batuk sesuai etika batuk, kemudian cukup makanan bergizi dan cukup istirahat," tuturnya.