Peringatan Hari Dharma Wanita Persatuan Nasional, Ini Dia Sedikit Sejarahnya

Foto para anggota organisasi Dharma Wanita Persatuan. Foto via Sekretarian Kabinet RI

Di bulan Agustus ini terdapat beberapa tanggal penting salah satunya pada 5 Agustus. Pada tanggal 5 Agustus diperingati sebagai hari Dharma Wanita.

Dharma Wanita merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil. Pembentukkan bertujuan untuk meningkatkan kualituas sumber daya keluarga PNS agar mencapai kesejahteraan nasional.

Karena besok diperingati sebagai Hari Dharma Wanita tidak ada salahnya untuk mengenal sejarah dari sebuah organisasi yang beranggotakan perempuan hebat Indonesia.

Sejarah berawal ketika Dharma Wanita didirikan pada 5 Agustus 1974 oleh Ketua Dewan Pembina KORPRI, Amir Machmud atas prakarsa dari Ibu Negara, Ibu Tien Soeharto.

Saat itu anggota Dharma Wanita terdiri dari para istri Pegawai Republik Indonesia, anggota ABRI yang dikaryakan dan pegawai BUMN.

Di era Reformasi tahun 1988 Dharma Wanita mengalami perubahan mendasar. Dharma Wanita menjadi organisasi sosial kemasyarakatan yang netral dari politik.

Selain berubah menjadi organisasi yang independen dan demokrasi, nama Dharma Wanita juga mengalami perubahan menjadi Dharma Wanita Persatuan.