Peringatan Hari Pohon Sedunia, Pecinta Lingkungan Tanam Pohon di Pantai Watu Pecak Lumajang

Penanaman pohon di Pantai Watu Pecak dalam rangka Hari Pohon Sedunia. Foto via WAG/Istimewa

Komitmen Pemkab Lumajang Melestarikan Pesisir Pantai

Hadir juga dalam kegiatan ini Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Haris.

Dalam pidatonya, Bupati Lumajang menegaskan bahwa dirinya berkomitmen untuk melestarikan kawasan pesisir selatan Lumajang. Apapun resikonya, Bupati berjanji akan memprioritaskan kelestarian pesisir Lumajang.

"Karena menyelamatkan lingkungan berarti melindungi jiwa warga Lumajang. Dan melindungi keselamatan jiwa itu lebih penting dari segalanya," imbuh Cak Thoriq.

A'ak Abdullah Al-Kudus yang memberikan sambutan mewakili panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi antara komunitas pecinta alam di Lumajang dengan DLH Kabupaten Lumajang.

Kolaborasi ini merupakan yang pertama pada masa kepemimpinan Bupati Thoriqul Haq. Dalam sambutannya, A'ak menyampaikan bahwa Kabupaten Lumajang secara geografis berada di atas lempeng Indo-Australia.

Artinya di wilayah ini rawan terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami. Oleh karena itu penting untuk membuat benteng alam di pesisir pantai Lumajang.

Benteng alam itu bisa berupa gumuk pasir atau jajaran pohon yang memagari sepanjang pesisir. A'ak berharap Pemkab Lumajang untuk sesegera mungkin membuat Perda perlindungan kawasan pesisir selatan Lumajang.