Resensi Buku: Lumpu (Karya Tere Liye)

Resensi buku Lumpu (Serial Bumi) karya Tere Liye

Kesimpulan Buku Lumpu

Tidak melulu keseruan laga atau pertarungan saja di buku ini, namun terdapat pesan moral yang dapat diambil, yakni sifat yang dimiliki Raib yang bisa kita petik dan tiru, yakni:

  1. Sikap memaafkan. Raib memaafkan Miss Selena yang mencelakakan Mata (Mata adalah Ibu Raib), namun dengan lapang dada Raib mau memaafkan
  2. Raib mau menolong musuh bahkan saat Raib, Ali dan Seli mereka terdesak, mereka menolong menyembuhkan luka Tamus saat sekarat diserang Lumpu
  3. Kegigihan Ali, Raib dan Seli dalam mencari petunjuk untuk menemukan Miss Selena. Ini juga harus dipraktekkan dalam keseharian kita, untuk gigih dalam mengerjakan sesuatu hal.

Kekurangan dalam buku ini tidak banyak, yaitu cerita terlalu berbelit sehingga pembaca kesulitan memahami tiap kalimat dan banyak bahasa asing yang digunakan oleh penulis.

Seperti mengubah nama benda menjadi nama tokoh, dan masih banyak kalimat yang menggunakan bahasa Inggris yang membuat pembaca masih mencari arti dari kalimat tersebut.

Meskipun buku ini memiliki banyak kekurangan dan kelemahan, buku ini layak dibaca semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja maupun dewasa.

Tentu kekurangan buku ini dapat dilengkapi dengan klimaks para pembaca setelah membaca buku yang penuh tanda tanya dan cerita yang sangat menarik.

Selain dapat menikmati ceritanya, pembaca juga belajar mengenai kalimat dan bahasa serta tentang dunia yang pada intinya menunjukkan tujuan penulis untuk memberi edukasi terhadap para pembaca.