Sambal Ganja di Lumajang? Gak Bahaya taahhh?!?

Suasana Warung Budaya Banyak Wide. Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Warung Budaya Banyak Wide, Kuliner ala Museum di Lumajang

Selain varian makanan dan minumannya yang cukup lengkap, atmosfer tempat kuliner yang satu ini nggak bakal ditemukan di tempat lain di Lumajang, dengan puluhan benda-benda seni bernilai tinggi yang menghiasi Warbud Banyak Wide.

Dari depan, kita disambut sepasang patung pasukan Tiongkok kuno yang seolah bersiap menerima perintah, sekilas mengingatkan kita pada arca Dwarapala sebagai sosok penjaga yang biasa menghiasi candi dan pura di Nusantara.

Beberapa kursi, meja dan perabot yang ada di warung ini sangat estetik, dengan ornamen ukiran kayu, pahatan marmer sampai bahan kuningan dan tembaga, mengajak Visiters untuk terus berdecak kagum karena keunikan kafe Lumajang yang satu ini.

"Selain varian makanan minumannya yang lengkap, harga bersahabat dan pelayanannya yang ramah, kalau udah di sini bakalan sibuk berfoto di beberapa sudutnya yang estetik," imbuh Rizkia.

Diungkapkan barista Warbud Banyak Wide, pemilik tempat ini merupakan kolektor barang antik dan barang kuno, yang kemudian merelakan koleksinya dinikmati publik khususnya pengunjung warung secara gratis, asal nggak dirusak tentunya ya Visiters, hehehe...

FYI, Banyak Wide atau lebih dikenal sebagai Arya Wiraraja adalah salah satu tokoh berpengaruh di abad 13, tokoh kelahiran Nangkaan, Ranu Pakis, Lumajang, yang menjadi penasehat negara di Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Kartanegara.

Berdasarkan catatan sejarah, Banyak Wide dikenal sebagai ahli stratak yang berkat strateginya berhasil mengelabui pasukan Tartar yang dikirim Kubilai Khan untuk menyerbu Kerajaan Daha di Kediri, sekaligus mengantarkan Raden Wijaya untuk membesarkan Majapahit.