Siapa Tau Bisa Nemu Jodoh Setelah Main-Main ke Goa Tetes di Kabupaten Lumajang

Asiknya basah-basahan main air di kawasan Goa Tetes. Foto via @ratna.ang17

Kabupaten Lumajang tidak ada habis-habisnya jika berbicara tentang wisata alam. Mulai dari objek wisata lama sampai objek wisata yang baru dikembangkan.

Goa Tetes salah satu objek wisata yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Kabupaten Lumajang. Memiliki sumber aliran air yang sama Goa Tetes dan Tumpaksewu memiliki lokasi yang berdekatan.

Objek wisata ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Sebelumnya Goa Tetes memiliki pintu masuk yang berbeda, tapi kini disatukan dengan Tumpak Sewu.

Goa Tetes merupakan ceruk atau lorong yang terbentuk secara alami oleh aliran air yang menerobos batuan karst. Karena aliran air yang menerobos secara terus-menerus itulah terbentuklah ceruk yang dalam.

Perpaduan stalaktit yang menggantung mengalirkan gemericik air serta beberapa tumbuhan hijau dan lumut yang menghiasi daerah sekitar goa, begitu memanjakan mata.

Uniknya wisata Goa Tetes memiliki mitos yang menarik yaitu siapapun yang mengunjungi goa ini akan memiliki hubungan yang baik dengan pasangannya juga airnya yang membuat seseorang tampak lebih muda. 

Akses menuju lokasi dengan jalanan yang mudah ditempuh dan biaya masuk juga parkir yang relatif murah cocok menjadi daftar destinasi untuk liburan dengan keluarga setelah lama di rumah aja.