Trauma Healing Korban APG Semeru ala Karang Taruna Karangsari di Pemandian Surojoyo

Trauma healing anak-anak pengungsi Semeru. Foto via @karangtaruna.karangsari.lmj

Wujud kepedulian terhadap anak-anak korban erupsi Gunung Semeru juga ditunjukan oleh para pemuda yang di beberapa elemen komunitas maupun organisasi.

Salah satunya seperti yang dilakukan Karang Taruna Tunas Muda Mandiri Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang.

Mereka memberikan trauma healing dengan cara yang berbeda dari biasanya. Sasarannya adalah anak-anak korban erupsi Semeru yang mengungsi di rumah saudaranya di wilayah Kecamatan Lumajang dan sekitarnya.

Sekitar 20 anak ini diajak bermain hingga berenang bersama di Pemandian Surojoyo, Kelurahan Citrodiwangsan, Lumajang, Rabu 22 Desember 2021.

Kegiatan trauma healing diawali dengan sejumlah pertunjukan untuk menghibur mereka. Di antaranya ada stand-up comedy, pantomim, dan barongan. Anak-anak juga diajak bernyanyi bersama.

Kemudian dilanjutkan dengan senam dan bermain bersama. Di antaranya memainkan permainan benar-salah dan estafet air. Lalu anak-anak diajak berenang bersama di kolam renang.

Ketua Karang Taruna Tunas Muda Mandiri Desa Karangsari, Aan Nurvianto menyampaikan, anak-anak yang diajak ke Pemandian Surojoyo ini berasal dari beberapa lokasi pengungsian.