Warga Desa Darungan Berebut Isi Gunungan Dalam Festival Ketan

Sekitar 5 gunungan hasil bumi diarak keliling jalanan desa. Foto via @visitlumajang

Jadi Agenda Tahunan

Kepala Desa Darungan, Eko Nur Hadi menjelaskan bahwa tujuan dari diselenggarakannya Festival Ketan selain menghibur warga juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Tujuan Festival Ketan ini untuk sedekah desa dan meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Darungan sebagai sentra penghasil beras ketan di Kabupaten Lumajang," jelas Eko Nur Hadi.

Rencananya Festival Ketan akan dijadikan agenda tahunan Kabupaten Lumajang agar bisa memberikan dampak positif untuk masyarakat Kecamatan Yosowilangun dan sekitarnya.

Disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq bahwa Festival Ketan bisa menjadi daya tarik wisata dan budaya untuk pelancong juga mampu meningkatkan perekonomian warga.

"Festival Ketan ini akan menjadi agenda rutin kegiatan budaya dan pariwisata di Kabupaten Lumajang, sehingga bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat," ujar Thoriqul Haq. 

Di acara Festival Ketan biasanya gunungan diarak keliling desa kemudia warga berbondong-bondong untuk berebut isinya. Kemudian penampilan tari tradisional Tari Nandur Pari juga turut mengiringi arakan gunungan hasil bumi.

Selain itu, dalam festival ini terdapar puluhan stand penjual aneka macam makanan berbahan dasar beras ketan seperti lemper, lepet, rengginang, klepon, wingko dan onde-onde seharga Rp 1.000 hingga Rp 5.000 saja.