Musik Tradisional Khas Lumajang Menarik Minat Remaja Asal Amerika untuk Menelitinya

Dokumentasi Serbung Desa Jatimulyo, Kunir. Foti via @auralarchipelago

Serbung Jatimulyo

Serbung merupakan alat musik tradisional dari bahan bambu besar yang ditiup, menghasilkan bunyi gaung yang khas. Dalam praktiknya, serbung dimainkan dalam kelompok bersama perkusi bambu sebagai pengiring.

"Dulu disinyalir musik jenis ini banyak dimainkan di daerah Tapal Kuda, tapi sekarang sudah mulai punah. Suaranya yang besar membuat sebagian orang biasa menyebutnya Gong Tiup," terang Palmer.

Kultur Pandhalungan yang khas sangat kental terasa saat melihat perform Serbung di Desa Jatimulyo, Kecamatan Kunir, di mana Serbung masih bisa dijumpai dan dimainkan di acara-acara tertentu.

"Saya pertama kali melihatnya di channel Youtube milik Sardula Kelana, dia yang selama ini intens mengangkat kembali kesenian Serbung Jatimulyo yang hampir punah ini," ungkapnya.

Keinginan Palmer untuk mengangkat musik-musik tradisional cukup mendasar. Keengganan anak muda untuk mempelajari alat musik tradisional, tidak adanya regenerasi dikhawatirkan akan menggerus seni ini.

Saat ditanya obyek wisata apa di Lumajang yang membuatnya penasaran untuk disinggahi, Palmer menjawab spontan, "Puncak B29!"

Artikel lengkap tentang Serbung Jatimulyo bisa Visiters baca di artikel kami sebelumnya: Serbung, Alat Musik Tradisional Petani Jatimulyo