Musik Tradisional Khas Lumajang Menarik Minat Remaja Asal Amerika untuk Menelitinya

Perform Kentongan Doro di Desa Mangunsari, Tekung. Foto via @sardulakelana

Kentongan Doro

Identik dengan Tongtong Karapan, Palmer menemukan musik tradisional kentongan di Desa Mangunsari, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang. Biasa disebut Kentongan Doro.

Kentongan Doro merupakan musik perkusi turun-temurun yang biasa dimainkan saat festival burung merpati, khususnya doro getakan, tradisi yang lazim dimainkan di daerah Pandhalungan.

Meskipun cukup umum, kelompok musik Kentongan Doro punya ritme yang rancak dan irama tertentu yang jadi patron saat dimainkan. Menambah semangat selama ajang merpati atau burung dara.

"Ada beragam istilah untuk menyebut pattern nada yang mereka mainkan, seperti istilah Salipan, dan sebagainya. Mereka juga bisa mengiringi lagu modern seperti dangdut," jelas Palmer Keen.

Di tempat-tempat ini, Palmer mendokumentasikan risetnya dalam bentuk video dan beberapa tulisan, baik video wawancara dengan seniman setempat maupun video perform.

"Lumajang punya potensi yang cukup besar, di beberapa daerah Tapal Kuda ada banyak musik tradisional yang terdokumentasikan atau diteliti, tapi di Lumajang masih jarang terdokumentasikan dengan baik," ujarnya.

Selama perjalanannya di Lumajang, Palmer Keen didampingi oleh Sardula Kelana, musisi Lumajang yang terkenal dengan pemain bucket drum serta seruling.