Musik Tradisional Khas Lumajang Menarik Minat Remaja Asal Amerika untuk Menelitinya

Seniman Rinding yang masih ada di Desa Kalisemut, Padang. Foto via @sardulakelana

Rinding Kalisemut

Di salah satu dusun di Desa Kalisemut, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang, Palmer menemukan Rinding, sebuah alat musik tiup yang terbuat dari bambu.

Palmer tertarik dengan alat musik tiup yang satu ini, sebagai salah satu varian alat musik harpa mulut tradisional yang juga bisa dijumpai di beberapa daerah di Jawa.

"Kami yang sering meneliti alat musik jenis ini biasa menyebut dengan harpa mulut, dengan keunikan yang berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya," ungkap Palmer.

Menurut Palmer alat musik ini sudah sangat jarang ditemukan atau dimainkan. Di daerah Jawa Barat alat musik sejenis disebut Karinding, sementara warga Madura dan Pandhalungan ada juga yang menyebutnya Rending.

"Alat musik jenis ini sudah mulai susah ditemui, selama riset hanya menjumpai di beberapa desa di Jawa Timur yang masih ada, itupun yang bisa memainkan hanya orang-orang tua," ungkap Palmer.

Di Kalisemut, Palmer bertemu Pak Sutimbang dan Pak Har yang masih menyimpan alat musik Rinding. Pak Sutimbang juga masih bisa memainkanya dengan teknik yang sudah dipelajari dari orang tuanya.

"Rinding yang dimainkan dulunya juga dibuat sendiri olehnya. Sayangnya sudah lama beliau tidak membuatnya lagi karena sudah tidak ada generasi penerus yang memainkan alat musik tersebut," tandas Palmer.