Ngintip Koleksi Keramat Museum Daerah Lumajang, Belum Dipajang untuk Umum loh!

Koleksi topeng dan uang kuno Museum Daerah Lumajang. Foto via @visitlumajang

Dari sekian banyak koleksi Museum Daerah Kabupaten Lumajang, ternyata masih ada sejumlah koleksi yang masih tersimpan rapi dan belum dipamerkan untuk publik.

Beberapa koleksi ini didapatkan Museum Daerah Lumajang dari hibah beberapa kolektor serta masyarakat yang menyimpannya selama berpuluh tahun.

Staf Tenaga Teknis Arkeologi Museum Daerah Lumajang, Aries Purwantiny memaparkan, tahun lalu museum menerima hibah 2 topeng keramat dari  Desa Kaliwungu, Tempeh, atau yang dikenal dengan Topeng Kaliwungu.

Secara kasat mata, topeng ini menggambarkan wujud karakter sepasang manusia. Dulunya, semua jenis topeng ini digunakan warga desa saat pementasan menyambut masa tanam dan panen padi.

Dari beberapa catatan sejarah, kemunculan topeng yang biasa digunakan untuk tari ini karena pengaruh kesenian-kesenian yang dibawa oleh masyarakat Madura yang bermigrasi ke Kabupaten Lumajang pada tahun 1940.

Bisa dikatakan bahwa merupakan paduan dari dua kebudayaan yaitu antara budaya Madura dan budaya Jawa, atau biasa disebut budaya Pandhalungan.

Hibah topeng dari Kaliwungu ini nantinya akan menambah pajangan koleksi di galeri kebudayaan, untuk menambah pengayaan referensi sejarah seni budaya di Lumajang.