Ngintip Koleksi Keramat Museum Daerah Lumajang, Belum Dipajang untuk Umum loh!

Topeng dan uang kuno koleksi Museum Daerah Kabupaten Lumajang. Foto via @visitlumajang

Koleksi Uang Kuno Era Kolonial

Selain Topeng KaliwunguMuseum Daerah Kabupaten Lumajang juga menyimpan belasan uang kuno koin dan kertas mulai dari zaman awal kemerdekaan Indonesia, yang merupakan hibah dari seorang kolektor.

Aries Purwantiny mengatakan, uang kuno yang berasal dari berbagai tahun ini akan segera dipajang. Namun, pihaknya masih menyiapkan tempat untuk menata lokasi memajang uang kuno tersebut.

Terlebih lagi, uang-uang kuno ini nantinya juga akan dilengkapi dengan informasi yang spesifik. Tujuannya agar masyarakat yang berkunjung bisa mendapat informasi tentang detail uang kuno.

"Ini sedang dikaji. Uangnya cukup kuno sekali dari tahun 1945, 1960. 1964. Ini cukup bagus karena menjadi bukti dulu ekonomi Lumajang tidak tertinggal," ungkap Aries Purwantiny.

Diungkapkan Aries, belakangan ini museum kerap menerima tawaran hibah barang-barang antik dari beberapa kolektor.

Meski begitu, pihak museum tidak bisa memutuskan langsung menerima hibah tersebut. Pihak museum perlu melakukan penelitian serta kajian untuk memastikan keabsahan sejarahnya.

"Memang dalam mencari koleksi museum tidak berdasar sembarang orang menghibahkan, terus kami terima. Tetapi kami mencari koleksi yang cerita sejarahnya bisa mewakili Lumajang," pungkasnya.