Warga Kompak, Peserta Vaksinasi Desa Banjarwaru Membeludak

Kades Banjarwaru beserta staf dan Babinsa saat mengawal giat vaksinasi (09/10). Foto via @visitlumajang

Desa Banjarwaru sebagai Kampung Tangguh Semeru

Menurut Samsul, antusias warga terbangun karena sosialisasi secara efektif yang dilaksanakan sebelumnya, dalam mendukung upaya pemerintah dalam menyelesaikan pandemi Corona.

"Apalagi Pemkab, Polres sampai Kodim juga telah mengeluarkan instruksi vaksin untuk warga di atas umur 12 tahun, sebagai syarat pelayanan dan program-program bantuan masyarakat," imbuhnya.

Kades Samsul berharap masyarakat tidak takut, merasa aman menerima vaksin, karena dipastikan halal. Sebagai stimulus, Pemdes Banjarwaru juga memberikan 1 liter minyak goreng untuk warga Banjarwaru yang divaksin.

"Banyak juga warga dari luar Banjarwaru yang menjadi peserta vaksin. Mereka yang awalnya ragu langsung tersenyum karena vaksinasi tidak seseram yang dibayangkan," kekeh Samsul.

Hingga saat ini Satgas PPKM Desa Banjarwaru terus melakukan upaya sosialisasi kepada warga tentang pentingnya vaksinasi dan komitmen untuk menaati protokol kesehatan, sebagai ikhtiar melawan pandemi Corona.

Vaksinasi ini sendiri merupakan sinergitas Pemdes dan Satgas PPKM Desa Banjarwaru, BKKBN Kecamatan Lumajang, IBI dan Puskesmas Rogotrunan, dengan dukungan Polsek dan Koramil setempat.

Sebelumnya, Desa Banjarwaru menjadi desa yang mendapat predikat Kampung Tangguh Semeru dari Polda Jawa Timur sebagai hasil upaya mereka dalam melawan penyebaran virus Covid-19.